CONSCIOUS DIET #KenaliTubuhmuSebelumDiet! ADALAH BUKU PANDUAN DIET SEHAT DAN AMAN

Pernah mendengar istilah conscious diet atau diet berkesadaran? Istilah ini memang belum begitu familiar bagi banyak orang. Saya pun menemukannya baru belakangan ini saja. Namun untuk saya hal ini sangat menarik.

Saya pun menemukan istilah ini dari buku yang ditulis oleh dr. Yovi yang juga seorang dokter ahli nutrisi. Penasaran mengenai apa saja isi buku conscious diet? Bagaimana kaitannya dengan diet sehat dan aman? Keep reading.

Buku Conscious Diet dr Yovi


Mengenal dr. Yovi

Sebelum membahas apa saja isi dari buku conscious diet, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan dr. Yovi. Dengan nama lengkap Dr. Yovi Yoanita, M.Kes (gizi) FAARM, ABRAAM, dr Yovi adalah seorang Wellness, Nutrition, Anti Aging, Functional Mental Health , Bars&BP Practitioner Cf Hypnotherapy. 

Selain sebagai ahli di bidang estetika, dr Yovi juga mendalami mengenai functionally mental health. Maka tak heran jika dr. Yovi mendirikan sebuah klinik dengan menggabungkan kesehatan fisik dan mental.

Oleh sebab itu, penulis buku Conscious Diet ini, namanya di dunia kesehatan sudah sangat populer sebagai ahli nutrisi yang mendalami konsep diet dengan metode hypnosis. Metode ini adalah metode yang mencari akar masalah dari pasien secara langsung yaitu masalah fisik dan masalah mental.

Setelah mengenal dr. Yovi dan latar belakang pendidikan dan pengalamannya, mari kita kupas tuntas mengenai bukunya yang berjudul conscious diet atau diet berkesadaran.

Insight Apa Yang Didapat dari Buku Conscious Diet?

Setelah beberapa hari menyelesaikan buku setebal 101 halaman ini, dan berkali-kali membacanya untuk memahami intisarinya, akhirnya saya menemukan banyak insight yang sangat baik untuk kesehatan tubuh bahkan berpengaruh terhadap mental kita.

dr Yovi penulis Buku Conscious Diet


Secara keseluruhan buku conscious diet atau diet berkesadaran ini adalah membahas mengenai pola makan sehat. Namun apa saja secara detailnya yang bisa kita pelajari dari buku ini? Ini dia beberapa insight yang saya dapat setelah membaca buku ini.

1. Gaya hidup - pahami isi piringmu

Dalam buku diet kesadaran ini, bab pertama membahas mengenai gaya hidup yang akan memberikan pengaruh besar dalam hidup kita, termasuk untuk tubuh. Salah satu gaya hidup yang harus dibenahi jika ingin hidup sehat adalah menjaga pola makan. Agar tidak terjadi kegemukan pada tubuh.

Kita wajib memperhatikan isi piring yang akan masuk ke dalam tubuh. Apalagi di zaman modern seperti saat ini, makanan siap saji begitu mudahnya kita beli. Maka perhatikan dengan sangat baik saat kita akan mengkonsumsi makanan. 

Pahami juga batas wajar berat badan salah satunya dengan memperhatikan BMI atau indeks massa tubuh. Selain itu juga pahami mengenai kalori masuk dan keluar agar tetap seimbang.

2. Perhatikan kualitas makanan bukan kuantitas

Banyak orang yang berfokus pada apa yang dimakan hanya sebatas kuantitas, padahal untuk menerapkan gaya hidup sehat kualitas makanan adalah paling penting. 

Kualitas di sini adalah terjadinya keseimbangan antara karbohidrat, protein, lemak, dan juga serat. Pahami masing-masing makanan tersebut dan berapa yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Konsumsi secukupnya jangan berlebihan.

3. Pahami kondisi tubuh kita

Pelajari dengan sangat baik mengenai kondisi tubuh kita seperti hormon kita kapan naik dan turunnya, pada saat kapan berat badan kita naik atau turun. 

Pelajari juga mengenai tipe tubuh kita seperti apa, cara makan kita, kapan mengalami stress, kapan kita lapar. Termasuk juga kenali dengan baik mengenai body set point kita.

4. Pahami cara mengatasi binge eating dan craving

Kenali juga bagaimana kondisi tubuh yang akan membawa kita ke kondisi binge eating dan craving. Pahami bagaimana cara mengelola atau mengatasinya, agar kita tidak tergoda yang akan merusak pola hidup sehat yang kita jalankan.

Misalnya dengan menerapkan 4D yaitu delay, distract, decide, dan drink water. Kenali juga mengenai metabolisme dan thermogenesis tubuh kita seperti apa. 

5. Terapkan kebiasaan hidup sehat

Dalam buku ini dijelaskan bahwa poin ini masih berkaitan dengan poin nomor satu. Namun dalam hal ini lebih ke melengkapi pola makan kita dengan berbagai kegiatan yang akan mendukung gaya hidup sehat dalam hal makan agar lebih maksimal.

Contohnya menerapkan pola tidur, cara makan, olahraga. Termasuk juga kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh seperti serat, suplemen, dan prebiotik. Agar makanan yang kita konsumsi hasilnya lebih maksimal bagi tubuh.

6. Kenali diri dan tipe tubuh

Dalam buku conscious diet ini juga dijelaskan mengenai bagaimana mengenali tipe tubuh kita. Caranya dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Jawaban yang kita berikan akan mengarahkan pada tipe tubuh kita masuk kategori tiroid, adrenal, liver, atau ovary.

Dengan kita mengenali tipe tubuh yang kita miliki, maka kita akan mengetahui pola diet dan olahraga yang dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh kita. Hal ini tentunya akan membuat tubuh kita tetap aman dan sehat saat melakukan diet. Itu sebabnya sangat penting mengenali kondisi tubuh kita, agar saat akan melakukan diet dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Point of My Views About Book of Conscious Diet

Setelah selesai membaca buku ini secara menyeluruh, saya mendapatkan suatu kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan conscious diet di sini adalah mindfulness or let's say it's focus.

Mindfulness is not only in this case, but we must put it all the conditions. But now we are focusing on the cases of food in this book. Ok, let's go on for more detail below.

Mindfulness di sini artinya sangat luas. Kalau dalam buku ini saat kita mengkonsumsi makanan, mindfulness terhadap kondisi tubuh, mindfulness terhadap kebiasaan hidup sehat, bahkan mindfulness terhadap diet yang akan kita lakukan.

Mindfulness disini contohnya akan membuat kita tahu apa yang kita konsumsi jumlahnya harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, tahu apa yang harus dilakukan untuk menerapkan hidup sehat.

Dan jika pun apa yang kita konsumsi dan kita lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup kita "gagal", maka kita bisa melakukan diet sehat sesuai dengan kondisi tubuh kita. Karena kita sejak awal sudah mengenal kondisi tubuh kita dengan sangat baik. Maka dari itu mindfulness ini sangat penting dan artinya sangat dalam.

Itu dia beberapa insight yang saya dapatkan dari buku conscious diet #kenaliTubuhmuSebelumDiet!. Tentu saja dengan memahami poin-poin di atas, akan membuat anda mengenali kondisi tubuh anda dengan sangat baik. Sehingga pada saat akan melakukan diet, step #kenaliTubuhmuSebelumDiet! sudah anda lakukan dari awal. 

Hal ini tentu saja akan mempermudah dan memperlancar proses diet yang akan anda lakukan dan tentunya juga dietnya lebih sehat dan lebih aman karena kita tahu apa yang harus kita lakukan.

Anda dapat membaca buku conscious diet ini untuk lebih detailnya yang dapat anda beli di beberapa toko online dan juga toko offline.

25 Comment

  1. Conscious Diet juga menekankan pentingnya mindfulness dan self-compassion dalam perjalanan menuju kesehatan yang lebih baik. Menyadari pikiran dan perasaan tentang makanan, serta bersikap baik kepada diri sendiri saat melakukan kesalahan, dapat membantu individu untuk tetap termotivasi dan mencapai tujuan mereka.

    ReplyDelete
  2. Wah setuju sama insight dari bukunya. Kebanyakan emang orang yang diet itu mengurangi isi piring yaa bukan memperhatikan kualitas makanannya. Aku termasuk yang memperhatikan kualitas sih, jadi tetap makan pagi, siang dan malam tapi lihat kualitas makanannya semuanya sudah sesuai yang tubuh butuhkan.

    Ternyata mindfulness juga penting dalam pola diet yaa. Kembali lagi bukan hanya soal diet tapi bagaimana pola hidup sehat.

    ReplyDelete
  3. Makanan memang penting sekali buat tubuh. Jadi harus pintar memilih makanan yang sehat dan bernutrisi. Bukan asal kenyang aja.

    ReplyDelete
  4. Penasaran dengan penerapan konsep 4D nya mbak. Delay, distract, decide, and drink water

    ReplyDelete
  5. Baru tahu ada tipe tubuh tiroid, liver, dsb. Wah, jangan-jangan selama ini gagal diet salah satunya karena ngga sesuai tipe tubuh.

    ReplyDelete
  6. Buku kesehatan yang layak untuk dimiliki dan dibaca agar teman-teman yang mau diet bisa menerapkan diet dengan penuh kesadaran dengan tujuan kesehatan bukan hanya mengejar cita-cita tubuh yang ramping semata

    ReplyDelete
  7. Aku tuh berusaha banget nurunin BB. Eh...cuma sekilo aja trus manteng ga turun-turun lagi. Nah, trus bener deh, aku perhatiin apa yg aku makan. Pelan-pelan seleksi aja, trus banyakin minum air. Alhamdulillah ada perubahan, turun deh dikit-dikit...Bagus nih bukunya, kenali tubuh sebelum diet...

    ReplyDelete
  8. Saya sering mencoba berbagai jenis diet, tapi beneran baru tahu soal concious diet atau diet berkesadaran. Saya tertarik buat nyoba, karena sejauh ini saya gak pernah berhasil nyoba diet apapun.

    ReplyDelete
  9. Diet memang nggak hanya sekedar diet. Tapi benar sih. Harus menghadirkan kesadaran dalam usaha diet. Biar nggak sembarangan.

    ReplyDelete
  10. ya Allah baca ini rasanya tertoohok banget, isi piring menunjukkan bagaimana kita mengatur isi perut dan pola hidup yang sehat ada di situ :(( udah 30++ tapi kok ngga sadar2 yaah aku ini hiks. thanks mba insightnya

    ReplyDelete
  11. Bukunya membuka khasanah baru. Memang benar ya, kalo mau diet itu kudu paham dulu tubuh sendiri seperti apa. Gak asal diet begitu aja, atau yang ikutan tren. Karena bisa jadi yang lagi tren tersebut belum tentu cocok dengan tubuh sendiri.

    ReplyDelete
  12. Buku ini sangat bagus, karena ditulis oleh ahlinya. Dan poin-poin awal itu itu kuncinya ya, Mbak. Isi piringmu isi dengan makanan berkualitas yang bagus untuk tubuh sesuai dengan porsimu. Setelah itu baru masuk kenali tubu sendiri agar sesuai dengan cara diet yang benar. Pastinya harus selalu menerapkan pola hidup sehat.

    ReplyDelete
  13. Jadi pengetahuan baru nih. Ternyata diet ga bs asal mengurangi makanan tp yg lbh penting tuh kualitas makanannya. Ketahui isi piringmu. Jgn sasal makan apalagi makanan cepat saji dan minuman manis dlm kemasan. Ah jadi pgn baca tuh bukunya. Smg ada nih di toko buku di dekat rumah.

    ReplyDelete
  14. dulu kupikir diet itu berarti mengurangi makan. tapi ternyata diet itu lebih tepat mengatur pola makan dan pola hidup. tergantung kebutuhan, mau naik bobot atau turun bobot, namanya sama diet. cuma beda formulanya aja

    ReplyDelete
  15. Selama ini kebanyakan orang-orang asal langsung diet ya tapi nggak paham sama kondisi tubuhnya, termasuk aku, huhu..

    ReplyDelete
  16. Buku "Conscious Diet" oleh dr. Yovi Yoanita tampaknya menjadi panduan yang sangat informatif dan terstruktur mengenai pentingnya kesadaran dalam pola makan. Dengan fokus pada gaya hidup sehat, kualitas makanan, dan pemahaman mendalam terhadap kondisi tubuh, buku ini menawarkan banyak wawasan berharga untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Itu artinya, lebih dari sekadar diet, buku ini mengajarkan kita untuk benar-benar mengenal diri dan memahami apa yang terbaik untuk tubuh kita.

    ReplyDelete
  17. Menerapkan program diet ini memang harus hati-hati, ya. Jangan sampai kita sakit padahal tujuannya ingin sehat. Memang perlu sekali untuk mengetahui jumlah makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh kita sendiri.

    ReplyDelete
  18. Buku yang sangat kaya informasi ini, Kak. Bukan hanya informatif tapi juga aplikatif. Ternyata diet ada banyak hal yang harus diperhatikan. Kebanyakan selama ini poinnya pada kuantitas buka pada kualitas makanannya. Haru mulai mengubah mindset seperti ini

    ReplyDelete
  19. Kalau di kampung saya memang yg didahulukan kuantitas. Secara banyak petani, mereka makan nasi dengan takaran besar, tapi lauknya kadang hanya sambal dan lalapan. Lebih baiknya sesekali ada ikan asin.
    Yah mungkin karena perekonomian yg pas-pasan jadi tidak memikirkan kuantitas gizi dan sebagainya.

    ReplyDelete
  20. Masih ngga paham nich mba ciri dari tipe tubuh tiroid, adrenal, liver, sama ovary. Terus pasti Cara diet juga beda-beda ya mba.

    ReplyDelete
  21. Memahami kondisi tubuh ini yang agak sulit. Nggak semua orang bisa memahami kondisi tubuh masing-masing.

    ReplyDelete
  22. Kadang kalau jumpa sama trend diet ini dan itu jadinya suka mikir, apa bakalan cocok nggak ya? Soalnya nih, di orang lain bisa berhasil tapi diterapkan ke diri sendiri malah nggak cocok. Aih ... jadi kepo sama bukunya.

    ReplyDelete
  23. Harus baca buku ini dulu deh sebelum memutuskan mau diet. Kadang ada kan yang dietnya membabi buta, eeeh malah akhirnya kondisi tubuh ngedrop. Jangan sampe deeehh...

    ReplyDelete
  24. bagus banget bukunya mbaa..bukan sekedar tentang diet tapi juga mengenali tubuh kita sendiri jauh lebih penting, terutama sadar tentang apa yang selama ini sudah kita konsumsi..harus masuk waiting list ini

    ReplyDelete
  25. Insight baru nih tentang mindfulness saat makan atau saat menjalanu diet. Aku sering juga soalnya craving yang ujungnya itu makanan ngga sehat sih

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.