SEO CHECKLIST FOR BLOGGER AGAR KONTEN MAKIN MENARIK

Sebagai seorang blogger atau content writer pemula, banyak sekali yang harus saya pelajari, agar tulisan atau konten saya dapat menarik pembaca juga dikenali dengan baik oleh algoritma mesin pencari. Salah satu yang harus saya pelajari adalah tentang SEO atau Search Engine Optimization

Bagi para content writer istilah ini pasti sudah tidak asing. SEO ini terus berkembang setiap waktunya, sehingga kita sebagai content writer  harus terus belajar agar terupdate trus.

SEO checklist for blogger


Beberapa hari lalu saya mengikuti sebuah webinar yang diadakan oleh BRT dengan mengundang Mas Miftah yaitu seorang SEO Spesialist di KlikDokter. Sepak terjang dan keahliannya dalam per-SEO-an sudah tidak diragukan lagi. 

Acara yang diikuti oleh beberapa blogger ini sangat bermanfaat untuk saya yang masih belajar mengenai SEO. Penasaran dengan keseruan acaranya dan apa saja yang bisa kita pelajari dari SEO ini? Keep reading.

Skill Dasar Yang Harus Dikuasai Oleh Konten Writer

Sebagai seorang konten writer, ada beberapa skill dasar yang wajib dikuasai untuk menunjang hasil tulisan kita agar menarik pembaca dan juga sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan.

1. Kemampuan kreatif

Seorang konten writer harus memiliki skill atau kemampuan kreatif dalam membuat sebuah konten. Seorang konten writer harus memiliki ide kreatif yang akan menarik pembacanya terus penasaran dengan karya yang akan diciptakan.

2. Solutif

Tidak hanya sekedar menulis, seorang konten kreator harus mampu memberikan solusi dengan baik untuk para pembacanya. Solusi yang diberikan juga harus dapat dilakukan, menyeluruh, lengkap dan detail, dapat dipercaya, dan juga dapat dicapai dengan baik dan sesuai dengan target pembaca.

3. Keterampilan teknis

Tidak hanya keahlian dalam menulis yang harus dikuasai seorang konten writer, tetapi juga wajib menguasai keahlian-keahlian yang sifatnya teknis sebagai pendukung dalam memproduksi konten-konten. 

Muai dari menguasai tools-tools yang akan mendukung kualitas tulisan semakin maksimal, juga memahami mengenai cara kerja dari sebuah search engine.

Cara Mengembangkan Topik Tulisan

Lalu bagaimana cara kita mengembangkan tulisan tulisan di halaman blog kita? Dalam hal ini Mas Miftah sharing, ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sebuah toik tulisan yang kita miliki.

1. Brainstorming

Dengan melakukan brainstorming bersama para konten writer lainnya atau melalui berbagai informasi di intenet, kita dapat menemukan berbagai topik tulisan yang menarik bagi pembaca dan bagaimana dibaca mesin pencari sebagai halaman topik yang menarik. 

Dengan melakukan brainstorming ini kita dapat menemukan berbagai ide tulisan yang fresh dan inovatif sehingga membuat pembaca kita semakin betah di halaman blog kita.

2. Storytelling

Tidak bisa dipungkiri, storytelling menjadi sebuah keahlian yang harus dikuasai oleh seorang konten writer dalam menyampaikan sebuah informasi. Mengemas sebuah tulisan dalam bentuk cerita yang menarik dengan menggunakan sorytelling akan membuat audiens memiliki keterikatan dengan tulisan-tulisan kita. Hal ini tentu saja akan membuat para pembaca tersebut kembali lagi ke situs yang kita miliki.

3. Based on data

Untuk menciptaan sebuah tulisan yang terus diminati, kita sebagai konten writer harus rajin dalam mencari informasi mengenai topik-topik yang sedang booming atau diminati saat ini oleh pembaca. 

Termasuk menulis tulisan berdasarkan data-data yang sudah dianalisa. Mengingat belakangan ini para pembaca juga sangat kritis terhadap sebuah informasi.

SEO checklist


SEO Checklist Yang Wajib Diketahui Oleh Konten Writer

Setelah mengetahui kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh seorang konten writer dan apa saja yang dapat dilakukan untuk mengembangkan topik tulisan kita, para konten writer juga wajib mengeathui mengenai SEO checklist apa saja yang harus diketahui oleh konten writer.

Manfaat dari SEO checklist ini adalah untuk memastikan bahwa tulisan kita sudah sesuai dengan kaidah-kaidah SEO yang akan membuat tulisan kita semakin dilirik oleh mesin pencari. 

Namun pastinya kita juga tidak mengabaikan untuk terus membuat tulisan yang menarik bagi pembacanya dengan menggunakan storytelling yang unik dan menarik. Dan membuat tulisan yang disukai oleh audiens kita ini adalah hal yang paling penting.

Namun dengan menerapkan SEO checklist akan membantu memaksimalkan tulisan kita di mata mesin pencari, sehingga membuat tulisan-tulisan kita berada di halaman utama mesin pencari.

Lalu apa saja SEO checklist yang wajib anda ketahui?

1. Positioning

Menerapkan konsep positioning pada tulisan anda yaitu dengan menerapkan prinsip membuat set target utama blog, terapkan SEO pada tulisan anda namun jangan mengabaikan kebutuhan audiens. Karena bisa jadi beberapa tulisan tidak menerapkan SEO namun sangat disukai oleh pembaca dan juga sebaliknya. 

Fokuslah pada apa yang dsukai pembaca, setelah itu baru terapkan SEO secara perlahan tanpa mengubah apa yang disukai para pembacanya.

 2. Navigasi Website

Dalam hal ini ada tiga hal yang harus diperhatikan. Pertama terkait dengan crawling status website. Dimana anda harus memastikan website anda mengizinkan setiap bot masuk mampu membaca semua isi tulisan pada halaman situs web anda.

Kedua, website navigation. Pastikan dalam website yang anda kelola tersedia kategorisasi, breadcrumb, dan juga linking baik itu internal maupun eksternal yang sesuai dengan tema tulisan anda.

Ketiga experience, dimana web anda memastikan untuk vital core web vitalnya mampu memberikan pengalaman pembaca yang maksimal. Mulai dari speed, readibility halaman, sampai dengan ketersediaan halaman yang dibutuhkan oleh pembaca.

3. Website anda berisi Your Money Your Life (YMYL)

Dalam hal ini ada beberapa artikel yang YMYL seperti Pemenang penghargaan musik, berita tentang olahraga, perjalanan hidup, reviewer gadget. Mungkin YMYL seperti Berita cuaca, kecelakaan mobil, cara membersihkan gigi, dan juga pasti YMYL seperti Banking, industri kesehatan, pendidikan, berita tindak pidana, hukum, farmasi.

4. Artikel anda menerapkan EEAT

Experience yaitu konten berdasarkan pengalaman penulis atau dapat mengungkapkan pendapat pribadi. Expertise yaitu konten yang ditulis oleh ahli, yang memiliki kridebilitas, kualifikasi dan pendidikan yang relate dengan topic yang ditulis.

Authoritativness, yaitu konten yang berasal dari kalangan pakar atau influencer, atau ahli dibidangnya dan dari seseorang yang memiliki kewenangan dalam membahas topic YMYL. Sementara Trustworthyness adalah konten yang dan menghindari content cloaking yang hanya mengejar click bait atau justru menipu.

Itu dia beberapa yang harus diketahui oleh para konten writer terkait dengan SEO checklist agar artikelnya semakin maksimal untuk dimata mesin pencari sekaligus juga menarik bagi pembaca.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.