12 TIPS ROAD TRIP AMAN DAN NYAMAN

Siapa di sini yang hobi road trip? Liburan dengan menggunakan motor ini memang memberikan pengalaman dan suasana yang berbeda. Buat anda yang hobi melakukan liburan dengan menggunakan motor seperti road trip dari satu kota ke kota lainnya atau bahkan lintas provinsi, anda wajib tahu beberapa tips liburan aman menggunakan motor. 

Tentu saja hal ini demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Petualangan pun jadi jauh lebih menyenangkan dan tidak terganggu oleh urusan kendaraan dan juga lainnya. In case hal itu terjadi, sudah tahu apa yang harus dilakukan. 

tips liburan aman menggunakan motor


12 Tips Liburan Aman Menggunakan Motor

Beberapa tahun lalu saya pun melakukan road trip dengan menggunakan motor. Berpindah dari satu propinsi ke propinsi lainnya. Perjalanan panjang tersebut ada kalanya kurang nyaman dan banyak hal-hal yang terjadi di luar prediksi. Dari kejadian itu jadi belajar banyak untuk well prepared untuk perjalanan berikutnya.

Apa saja tips road trip aman dan nyaman menggunakan motor yang wajib anda ketahui sebagai bentuk persiapan yang matang? Ini dia tipsnya.

1. Tentukan rute perjalanan 

Sebelum melakukan road trip pastikan anda sudah menentukan rute perjalanan yang akan diambil dengan teliti. Pilih rute perjalanan yang aman dengan menghindari jalan-jalan yang berbahaya. Baik itu kondisi jalan maupun kondisi lingkungannya. 

2. Tentukan waktu keberangkatan

Tentukan kapan waktu keberangkatan yang sekiranya aman dan nyaman. Waktu musim panas atau kemarau lebih aman dibandingkan di musim hujan. Namun jika anda tidak bermasalah dan ada waktunya di musim penghujan, tidak masalah. Namun pastikan persiapan anda sudah matang dari perlengkapan dan lainnya.

3. Hitung waktu tempuh

Tips road trip aman dan nyaman berikutnya adalah menghitung waktu tempuh. Setelah mengetahui rute dan waktu perjalanan, anda dapat menghitung berapa lama perjalanan yang dibutuhkan selama road trip. Demi keselamatan selama perjalanan, hitung waktu tempuh dengan matang dan atur berapa lama istirahat yang akan dilakukan.

4. Cek cuaca

Jika sudah mengetahui rute dan waktu tempuh, anda dapat mencari informasi mengenai perkiraan cuaca yang akan terjadi di rute yang dilewati. Mengetahui kondisi cuaca selama di perjalanan akan membantu anda menentukan perlengkapan apa saja yang harus dibawa dan apa saja yang harus dilakukan untuk menghadapi cuaca tersebut.

5. Persiapkan perlengkapan sesuai kebutuhan

Demi keselamatan dan keamanan pastikan peralatan selama road trip sudah memenuhi standar keamanan. Mulai dari jaket, helm, sarung tangan, sepatu yang aman untuk berkendara, bahkan termasuk masker. Jika anda berangkat di musim penghujan, pastikan anda tidak meninggalkan pakaian hujan yang tahan air pastinya.

Tidak hanya peralatan selama berkendara, pastikan anda juga menggunakan pakaian yang nyaman selama perjalanan dan pakaian untuk ganti.

6. Membawa dokumen penting dan simpan dengan aman

Tips road trip aman dan nyaman berikutnya adalah terkait dokumen. Sebelum berangkat pastikan anda tidak meninggalkan dokumen penting yang akan berguna selama perjalanan. Mulai dari identitas diri seperti KTP, surat kelengkapan berkendara seperti SIM, STNK, dan juga asuransi kendaraan untuk jaga-jaga selama perjalanan. Simpan dokumen-dokumen penting tersebut di tempat yang aman.

7. Persiapkan obat-obatan atau P3K

Tips liburan aman menggunakan motor ini menjadi satu tips yang sangat penting perlu anda perhatikan. Obatan-obatan standar atau P3K ini wajib selalu ada, apalagi jika anda mempunyai kondisi atau penyakit khusus yang obat-obatannya tidak bisa dibeli sembarangan. Jadi sebelum berangkat liburan, pastikan obat-obatan ini ada di kendaraan anda.

tips liburan aman dengan P3k


8. Persiapkan kondisi tubuh

Mempersiapkan kondisi tubuh, menjadi 12 tips road trip aman dan nyaman yang harus diperhatikan. Tips liburan aman menggunakan motor berikutnya adalah mempersiapkan kondisi tubuh. Melakukan liburan dengan menggunakan motor pastinya akan menguras energi lebih banyak, maka pastikan kondisi tubuh anda dalam kondisi fit. Lakukan olahraga jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan.

9. Keep contact dengan keluarga

Akan lebih aman jika melakukan liburan dengan motor bersama teman. Selain dapat bergantian saat berkendara, jika ada hal-hal yang terjadi di luar rencana lebih mudah diselesaikan. Namun jika anda bepergian liburannya sendirian, pastikan anda selalu menjaga komunikasi dengan keluarga atau orang-orang terdekat. Sehingga keluarga mengetahui posisi dan kondisi anda.

10. Pilih berkendara siang hari

Berdasarkan pengalaman, berkendara siang hari jauh lebih aman dan nyaman, terutama jika anda melewati lokasi-lokasi sepi atau rutenya jarang dilewati oleh orang pada umumnya. Biasanya penerangan juga masih jarang untuk lokasi-lokasi tertentu. Jadi hindari berkendara pada malam hari. Gunakan malam hari untuk beristirahat agar esok hari lebih fit.

11. Bawa bekal makanan dan minuman

Tips liburan aman menggunakan motor lainnya adalah membawa persiapan bekal makanan dan minuman. Hal ini untuk menghindari ketika anda lapar atau sudah waktunya makan tetapi belum atau tidak menemukan tempat makan. Dengan persiapan bekal makanan ini akan membuat kondisi tubuh anda juga tetap fit.

12. Cek kondisi motor sebelum berangkat

Tips road trip aman dan nyaman selanjutnya adalah menggunakan motor berikutnya adalah melakukan pengecekan kondisi motor yang akan digunakan sebelum berangkat. Pastikan motor anda dalam kondisi prima dan aman untuk dikendarai. Cek kondisi motor secara menyeluruh, mulai dari oli mesin, rem, tekanan ban, bahan bakar, mesin, dan komponen penting lainnya.

tips liburan aman dengan oli


Pastikan juga anda membawa alat reparasi ringan untuk berjaga-jaga dan plat motor anda terpasang dengan benar dan membawa cadangan jika anda memilikinya. Karena ada kejadian teman saya plat motornya lepas, sehingga harus mencari tempat plat pengganti untuk keamanan. Jangan lupa juga untuk selalu membawa kunci cadangan untuk menghindari hal-hal diluar rencana.

Itu dia 12 tips road trip aman dan nyaman menggunakan motor. Pastikan anda sudah melakukan semua tips di atas sebelum berangkat untuk keamanan dan keselamatan anda. Tentu juga dengan menerapkan tips-tips di atas liburan anda akan semakin lebih menyenangkan.

14 Comment

  1. Pernah beberapa kali traveling dengan sewa motor dan bawa motor sendiri. Kekhawatiran terbesarku kalau bannya bocor/ada masalah sama motor soalnya belum tentu nemu bengkel pangkalan. Tapi, traveling motoran ini nikmatnya bukan main. Bebas pula mau berhenti di spot-spot yang kece. Yang jelas ya harus dicek dulu kondisinya sebelum dipake. Yang susah kalau tempat rentalnya abai, jadi yang nyewa kesusahan :D

    ReplyDelete
  2. pengen juga ngrasain road trip pakai motor seru mungkin ya mba..sensasinya beda sama klo naik mobil..tapi kmrn sempet motoran agak jauh dikit duhhh gak kuat..paha sudah kesemutan sama pegel memang ya sptnya usia gak bisa boong

    ReplyDelete
  3. Aku tuh beberapa kali perjalanan dari Madura ke Jember pakai motor. Hal pertama yang kupersiapkan memang kondisi motor. Minimal adalah ganti oli terus spare part lain yang memang perlu.
    Terus kondisi diri dan perlengkapan atau kebutuhan lainnya.

    ReplyDelete
  4. Akuuuuuuu, suka banget kalo bisa road trip 😍😍😍😍😍. Naik motor pernah, naik mobil pernah. Tp yg paling jauh pastinya pas naik mobil mba. Itu kliling Jawa terakhir, dari jakarta Ampe Surabaya.

    Naik motor pas kliling Bali. JD supaya mudah aksesnya, apalagi Bali macet kan.

    Memang harus ditentuin banget rute, dan persiapan sih. Saat road trip Ama motor, aku juga ga mau asal pake baju. Helm wajib, sepatu wajib. Biar ga masuk angin dan kenapa2. Cuma motor aku sewa pas sampe Denpasar. Yg bawa suami, aku sebagai navigator liatin Gmaps 🤣

    ReplyDelete
  5. Eh aku gak kepikiran bawa obat kalo pas road trip naik motor. Makasih ya. Padahal penting banget tu obat2an. Apalagi kalo road trip sambil bawa anak kecil.

    ReplyDelete
  6. Cek kondisi motor itu paling utama seh menurutku, apalagi urusan Oli nya dan kondisi tubuh karena itu sangat pengaruh sekali untuk kenyamanan , setelah itu yang lainnya baru menyusul. ah jadi rindu road trip.

    ReplyDelete
  7. Betuull banget kak
    Namanya touring atau Road Trip tu wajib kita mempersiapkan kondisi kendaraan sebaik mungkin.
    jangan sampai ingin having fun, tp malah bermasalaahhh ya

    ReplyDelete
  8. ini ibaratnya kayak kita2 aja. Misalnya kita suka alergi sama cuaca dingin dan kalau ke sana berarti mesti bawa obat. Berpergian dengan motor pun berarti kita mesti siapin peralatan buat jaga2. Dan pastinya ngecek secara keseluruhan ya, termasuk cek oli. Biar amanlah road trip-nya.

    ReplyDelete
  9. Jadi keingetan pas dulu honeymoon, itu aku roadtrip juga keliling jogja sewa motor.
    Asli, asalkan penuh perencanaan mah bakal seru banget roadtrip tuh. Enaknya ada di fleksibilitas waktu, yang lebih santai dan berasa ga dikejar-kejar.

    Tapi waktu itu aku tetep ada miss mikirin mau mandi dimana pas sampe dari lempuyangan.
    Alhasil mandi di SPBU hahaha

    ReplyDelete
  10. Jujurly kalau melaksanakan road tip secara langsung belum pernah. Namun pas stay di kota tertentu dan sewa kendaraan buat keliling-keliling destinasi wisata sering aku lakuin, jauh lebih efisien juga.

    Ternyata road trip memang memerlukan persiapan yang sangat matang dan mumpuni. Terutama cek kondisi motor yang akan digunakan, supaya perjalanan enjoy dan selamat sampai tujuan juga.

    ReplyDelete
  11. akuuu, bisa dibilang pernah melakukan road trip dengan motor. Pernah dari Jember ke Bali motoran, hiks, dannn memang ga enaknya punggung ga bisa sandaran, kalau capek yang berhenti. Rasanya kayak wowww, ya capek ya seneng

    terus kalau motoran jember ke banyuwangi juga pernah, waktu itu mau nonton java jazz dan perjalanan PP juga dari pagi sampe nyampe rumah dini hari
    memang kendaraan yang kita kendarai harus yang punya performa oke, jangan sampe ban tipis, rem ga pakem, oli mungkin udah habis. Perlu disiapkan persiapan yang matang

    ReplyDelete
  12. Iya, kalau badan lelah atau mengantuk sebaiknya istirahat ya jangan dipaksakan tetap mengemudi, keselamatan yang utama ya..

    ReplyDelete
  13. Roadtrip, apalagi untuk jarak yang gak terlalu jauh, enaknya memang naik motor. Seru bisa lihat alam dan perjalanan yang indah dan macem-macem. Alhamdulillah tahun ini aku banyak jalan-jalan dengan motor. Dan setuju, sebelum pergi, ada banyak yang harus diperhatikan, biar perjalanannya bisa enjoy dan lancar. Salah satu yang harus diperhatikan adalah soal oli. Jangan sampai lupa deh ganti oli dulu. Jangan sampe deh motor ngadat gara-gara itu. Kemon ah roadtrip lagi. Ada banyak tempat yang belom dieksplor! :D

    ReplyDelete
  14. Aku pernah road trip jugaa..
    Memang menggunakan baju yang nyaman dan bawaan yang bener-bener diatur agar gak riweuh dan bisa jadi berakibat kurang nyaman saat di perjalanan adalah kunci yaa..
    Dan jangan lupa untuk jaga kondisi tubuh dan kondisi motor dalam keadaan terbaik.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.