MAKANAN PENCEGAH KANKER YANG DIREKOMENDASIKAN OLEH WCRF

Kanker termasuk salah satu jenis penyakit yang ditakuti oleh banyak orang, dimana masalah kesehatan yang satu ini memang dapat menyerang segala usia tanpa terkecuali. 

Namun juga jangan khawatir karena kondisi tersebut sebenarnya juga dapat dicegah atau dihindari dengan pola hidup sehat serta banyak konsumsi makanan pencegah kanker, World Cancer Research Fund International atau WCRF juga mengeluarkan beberapa rekomendasi terkait jenis-jenis makanan yang dapat mencegah penyakit berbahaya ini.

makanan pencegah kanker oleh WCRF


Jenis-Jenis Makanan Pencegah Kanker Menurut WCRF

Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan karena mampu digunakan untuk mencegah penyakit kanker, diantaranya adalah:

1. Gandum dan biji-bijian utuh

Pada dasarnya realfood atau yang dikenal sebagai makanan asli memang termasuk kedalam jenis makanan yang bisa membantu untuk mencegah kanker, karena kaya akan kandungan antioksidan yang bagus untuk mencegah adanya pertumbuhan sel-sel yang abnormal dalam tubuh, yaitu bisa melawan adanya oksidasi dalam tubuh.

2. Sayur dan buah-buahan utuh

Selain kategori gandum serta biji-bijian, maka jenis rekomendasi yang lainnya adalah sayur serta buah-buahan yang utuh, yaitu yang dikonsumsi secara langsung tanpa melalui terlalu banyak proses.

Diantaranya adalah dengan cara dikonsumsi langsung atau cukup direbus maupun ditumis, maka kandungan antioksidan yang ada didalamnya tidak akan hilang, mampu mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh.

Jenis Makanan Yang Harus Dibatasi Untuk Mencegah Kanker

Selain makanan pencegah kanker, maka Anda juga harus mengetahui ada beberapa jenis makanan yang patutnya dibatasi karena bisa menjadi pemicu dari kanker, berikut ini diantaranya, yaitu:

1.  Makanan cepat saji

Fast food adalah kategori makanan yang mudah dijumpai saat ini, apalagi untuk Anda yang pada dasarnya memang suka jajan, tentu mudah untuk menjumpai kategori makanan tersebut, seperti diantaranya adalah gorengan. 

Makanan yang banyak atau tinggi proses pada dasarnya berpotensi besar mengalami kerusakan zat gizi yang ada didalamnya, sehingga dapat memicu penyakit kanker.

2. Daging merah serta makanan olahan

Daging merah punya senyawa yang dapat memicu kanker, namun tidak masalah asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Justru yang berbahaya adalah daging olahan karena sudah diberikan banyak zat campuran didalamnya.

Sebut saja diantaranya adalah dengan pemberian pengawet, pewarna dan perasa, inilah yang meningkatkan resiko penyebab kanker.

3. Makanan tinggi gula

Banyak yang menyebutkan dalam jurnal bahwa gula adalah makanan kanker, dimana nantinya kanker akan berkembang semakin cepat dengan adanya gula yang masuk dalam tubuh. 

Gula ini bentuknya banyak, tidak hanya gula putih yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari saja, melainkan karbohidrat sederhana atau tepung juga termasuk sebagai gula.

4. Rokok serta alkohol

Kedua jenis bahan tersebut sering kali dikonsumsi oleh masyarakat, namun sebagaimana yang diketahui bahwa terdapat begitu banyak zat berbahaya yang terkandung didalamnya, dimana hal inilah yang nantinya beresiko tinggi untuk memicu penyakit kanker.

Cara Mencegah Kanker

Setidaknya ada beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk bisa terhindar dari penyakit berbahaya yaitu kanker ini, diantaranya adalah:

1. Menjaga berat badan ideal

Faktanya berat badan berlebih atau yang dikenal sebagai obesitas pada dasarnya termasuk sebagai salah satu faktor resiko besar yang dapat memicu penyakit kanker. Sehingga usahakan untuk menjaga berat badan ideal.

2. Olahraga teratur

Olahraga ini punya banyak manfaat baik untuk kesehatan, selain membantu membuat tubuh tetap bugar, maka dapat menjaga agar berat badan tetap ideal, membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga nantinya tidak akan mudah untuk terserang penyakit.

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Selanjutnya perhatikan juga apa yang Anda konsumsi, sesuaikan dengan anjuran kemenkes yaitu mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta sehat, sehingga nantinya dapat mencegah masalah kesehatan yang tidak diinginkan. Perbanyak mengkonsumsi makanan pencegah kanker setiap harinya.

apa saja makanan pencegah kanker


4. Hindari rokok serta konsumsi alkohol

Anda juga harus tahu bahwa kedua bahan tersebut additive dan mengandung banyak zat berbahaya yang ada didalamnya, sehingga berpotensi untuk menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, termasuk diantaranya adalah jadi penyebab kanker.

5. Lakukan vaksinasi

Ada beberapa jenis vaksin yang dapat digunakan untuk bantu terhindar dari kanker tertentu seperti diantaranya adalah vaksin HPV dan juga hepatitis B yang dapat menyerang organ hati.

6. Rutin melakukan medical check up

Medical check up adalah cara yang dapat digunakan sebagai langkah deteksi dini dari kemungkinan Anda terkena penyakit atau masalah kesehatan tersebut, sehingga bisa mulai dilakukan.

Kombinasikan semuanya, mulai dari konsumsi makanan pencegah kanker sampai dengan pola hidup yang benar, sehingga nantinya dapat terhindar dari masalah kesehatan yang berbahaya atau tidak diinginkan tersebut.

Apalagi sebenarnya kesehatan adalah hal yang mahal harganya, hal ini baru akan dirasakan ketika Anda sudah jatuh sakit. Jadi pastikan juga untuk memiliki proteksi atau perlindungan terbaik, diantaranya adalah menggunakan asuransi dari Allianz.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.