TIPS SWITCH CAREER DARI BLOGGER MENJADI DIGITAL PROFESIONAL

Potensi Blogger untuk masuk dunia digital sebagai profesional digital sangat besar. Mengingat untuk menjadi seorang blogger banyak skill digital yang harus dikuasai. Dan untuk anda yang ingin terus mengembangkan diri untuk mengejar karir sebagai profesional digital, ada beberapa hal yang harus lebih dikembangkan lagi. 

Terutama bagi anda yang ingin melakukan switch career termasuk saya yang profesinya sangat bertolak belakang dengan dunia digital. Kemampuan-kemampuan ini tidak hanya berkaitan dengan hardskill dan softskill saja, tetapi juga dengan mindset yang kita miliki.

switch career putri


Beberapa hari lalu, saya mengikuti webinar yang sangat useful yang membuat growth mindset saya makin powerful dari BRTNetwork yang menghadirkan salah satu profesional digital yaitu Mba Putri SB. 

Putri melakukan switch career dari seorang Blogger menjadi SEO Content Writer, kemudian menjadi Web Dev & SEO SPecialist, menjadi Digital Marketing, sampai dengan masuk dalam dunia teaching. Pastinya bukan hal yang mudah dan butuh proses panjang. Namun berhasil melewatinya. Penasaran? Keep reading.

Live Elevating Skill

Sebagai seorang SEO Specialist, Digital Marketer, SEO Content Writer yang sukses sekaligus juga sebagai tutor di salah satu perusahaan ternama di Jakarta, Putri membagikan banyak pengalaman dan perjuangannya dalam mencapai puncak karirnya seperti saat ini. Sekaligus tips apa saja yang dilakukannya untuk mencapai profesional digital karirnya. Penasaran apa saja tipsnya? Keep reading.

tips switch career


1. Adaptability

Skill pertama yang wajib kamu kuasai dalam memasuki dunia baru adalah kemampuan adaptasi yang baik. Termasuk ketika kamu masuk dalam dunia kerja baru. Pahami dengan baik situasi dan budaya kerja, peraturan, serta kebiasaan di tempat baru. Adaptif dalam memasuki dunia kerja baru termasuk menjadi seorang profesional digital akan mempermudah kamu dalam mencapai goals kamu.

2. Fast Learner

Untuk melakukan switch career, skill fast learner dalam banyak hal menjadi hal yang sangat penting. Lakukan dengan fokus dalam mempelajari hal-hal baru tersebut, dan terus perkuat motivasi kamu untuk menguasainya, agar kamu bisa dengan mudah menguasai skill baru tersebut.

3. Management Skill

Pahami dengan baik skill apa saja yang wajib kamu kuasai ketika masuk dalam profesi baru. Lakukan analisis dengan baik skill mana saja yang masih wajib dimprove, dan set waktu untuk meningkatkannya. Buat prioritas skill mana yang harus kamu kuasai lebih cepat.

4. Networking

Membangun jaringan yang luas dalam dunia kerja sangat penting. Karena dengan networking yang luas, kamu akan mendapatkan banyak peluang. Bangun circle pertemanan dengan baik di semua lingkup bidang. Karena kita bisa jadi mendapatkan peluang besar dari kolega yang memiliki bidang berbeda.

5. Never Give Up

Memiliki jiwa tahan banting sangat penting dalam semua kondisi termasuk ketika kamu mengejar karir, terutama di bidang yang baru kamu kenali. Kerjakan dengan maksimal semua apa yang harus kamu lakukan. Jangan menyerah jika kamu mengalami kesulitan tapi terus challenge diri kamu untuk dapat menyelesaikannya dengan baik.

5. Self Control

Mempelajari hal baru terutama di waktu bersamaan akan menimbulkan masalah tersendiri. Tentu saja tidak hanya soal fisik tetapi juga mental kita. Maka kelola emosi atau stress kamu dengan sangat baik. Saat menghadapi kendala, lakukan self control dengan baik. 

Tetap tenang dan jika stuck dalam satu case, coba berdiskusi dengan orang lain untuk mendapatkan solusinya. Menjadi seorang profesional digital harus terlatih menjadi problem solver.

Never Ending Optimize Your Self

Dalam sharing ini, Putri juga menambahkan satu skill untuk terus meningkatkan kemampuan diri yaitu optimalkan kemampuan diri. Jangan merasa cepat puas dengan pencapaian yang sudah didapat, tetap optimasi sampai di titik tertingginya. Untuk mencapai optimasi diri ini, kamu dapat melakukan beberapa hal seperti:

1. Setting goals

Set target di awal sangat penting untuk mengarahkan langkah kita kedepannya. Langkah yang diambil, strategi yang disusun serta inisiatif apa saja yang harus dilakukan, bahkan sampai ke waktu kapan akan dicapai akan sangat mudah disusun dan membuat kita lebih terarah dalam mencapai target.

2. Objective evaluation

Melakukan evaluasi secara terarah dan teratur juga akan membantu kita dalam mengoptimasi kemampuan diri. Lakukan evaluasi secara berkala dan secara objektif dengan semua apa yang kita capai. Never blaming others saat ada beberapa target yang tidak tercapai.

3. Learn more

Jangan pernah berhenti belajar, jangan pernah merasa cepat puas, dan jangan pernah merasa cukup saat kita sedang mengejar ilmu atau mipi kita. Terus belajar untuk kemabngkan kemampuan diri dari siapapun dan kapanpun. Sikap ingin terus belajar ini akan membuat kita terus berkembang.

4. Do the best

Saat kita menginginkan sesuatu, lakukan yang terbaik semaksimal mungkin, sampai perjuangan kita sudah merasa ada di titik tertingginya. Selebihnya biarkan Tuhan yang atur.

tips switch karir dari blogger


Core Habit Untuk Switch Career

Melakukan switch career bukanlah hal yang mudah, saya merasakan sendiri dan mengalaminya beberapa kali. Tentu saja butuh adaptasi yang luar biasa. Perjuangan yang harus tangguh, pantang menyerah, adaptasi, ditambah paling sulit bagi saya adalah ketika harus mempelajari kemampuan baru. 

Begitu pula yang dialami oleh Putri ketika berpindah profesi dari seorang blogger menjadi profesional digital. Putri mampu melewatinya dengan sangat baik sehingga ada di titik terbaiknya saat ini. Putri berbagi mengenai core habit atau kebiasaan yang sangat penting yang ia lakukan untuk mencapai tujuannya.

1. Focus

Fokus dengan apa yang ingin kamu capai, jangan pernah terdistraksi dengan gangguan sekitar, baik secara fisik maupun secara mental.

2. Discipline

Lakukan semua apa yang sudah kamu rencanakan, komitmen dengan timeline yang sudah dibuat dan jika ada yang tidak sesuai dengan rencana awal, lalu replanning kembali dan buat plan B.

3. Push self-limit

Push kemampuan kamu sampai di batas tertingginya dan habiskan semua kegagalan kamu sampai meraih keberhasilan yang ingin kamu capai. Segera keluar dari zona nyaman untuk mengetahui batas kemampuan kamu.

4. Stop making an excuse

Berhenti untuk membuat alasan apapun ketika kamu ingin mencapai sebuah keberhasilan. Jangan pernah ada alasan ga bisa, lakukan yang terbaik, manfaatkan fasilitas yang ada semaksimal mungkin. Jauhkan dari semua hal yang dapat menghambat kamu dalam menemukan potensi terbaik dalam diri kamu.

Selain keempat hal di atas, Putri juga menerapkan beberapa habit untuk mencapai career path-nya yaitu:

1. Clear goals

Buat tujuan dengan jelas, anda dapat menggunakan metode SMART yang mana target dapat diukur secara Spesifik, Measurable atau dapat diukur pencapaiannya, Achievable atau dapat dicapai, Relevant artinya semua yang kamu lakukan relevan dengan tujuan kamu. Serta dapat diukur waktu pencapaiannya.

2. Mind mapping

Untuk mencapai semua tujuannya, lakukan mind mapping setiap goals, yaitu dengan cara melakukan breakdown dan memvisualisasikan semua tujuannya dalam bentuk apapun yang mempermudah kamu mencapai tujuan.

3. Positive affirmation

Selalu tanamkan afirmasi positif dalam diri meskipun kondisinya sudah terpuruk, tanamkan ke diri sendiri bahwa esok akan lebih baik dan akan berhasil. Afirmasikan bahwa semua rencana yang sudah kita set di awal akan berhasil dan berjalan lancar. Semua hambatannya dapat dilewati dengan baik.

Afirmasi positif ini akan membantu membangun kepercayaan diri, membuat mindset kita semakin kuat untuk mencapai semua mimpi-mimpi kita, serta membantu memotivasi diri untuk dapat melakukan semua strategi dan inisiatif dalam mencapai goals.

4. Think and do like I want

Lakukan semua yang sudah kita rencanakan sesuai dengan apa yang kita inginkan, sesuai dengan goals yang kita tetapkan. Ikuti beberapa cara untuk terus improve diri mulai dari kursus-kursus online, sertifikasi, bergabung dengan berbagai komunitas untuk memperluas pengetahuan dan jaringan kita. Termasuk juga melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk membuat apa yang kita inginkan tercapai lebih mudah.

Itu dia beberapa tips switch career yang dilakukan oleh Putri. Apa yang dilakukannya terbukti efektif dalam meraih karir impiannya selama ini dan berhasil mencapai salah satu titik terbaiknya saat ini.

Buat kamu yang ingin melakukan switch career dari seorang Blogger ke Digital Profesional, jangan takut dan jangan khawatir. Setiap orang ada fase hidupnya masing-masing dan kita bisa meraih titik terbaik dan puncak karir impian kita selama kita mempunyai mau berusaha dan menerapkan beberapa tips di atas.

Tips di atas tentu saja bukan yang terbaik karena setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk meraih mimpinya. Namun tips di atas bisa menjadi acuan kamu untuk memulai perjuangan dan menyesuaikan dengan target yang ingin kamu capai.

Yuk semangat untuk para pejuang switch career, kamu tidak sendirian, banyak orang di luaran sana yang sedang berjuang juga, tetap semangat dan pantang menyerah. 

1 Comment

  1. artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih sudah berbagi ya kak :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.