FILMA, MINYAK GORENG PREMIUM DENGAN HASIL UJI TPC RENDAH

Minyak goreng menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Penggunaannya yang rutin untuk memasak sehari-hari mengharuskan kita selektif dalam memilih minyak goreng yaitu harus berkualitas baik karena akan berhubungan dengan masalah kesehatan dan kualitas makanan.

Maka dari itu sebelum memilih minyak goreng untuk memasak sehari-hari, kita wajib tahu secara detail ciri-ciri dan bagaimana cara memilih minyak goreng premium atau berkualitas baik.

FILMA minyak goreng premium


Ciri-ciri Minyak Goreng Premium Atau Berkualitas Baik

Para ibu dan bapak wajib tahu seperti apa minyak goreng premium atau berkualitas baik. Jangan sembarangan memilih minyak goreng dan jangan tergiur dengan harga yang murah. Karena keliru memilih minyak goreng yang tidak berkualitas akan berdampak besar pada kesehatan tubuh dan juga kualitas olahan makanan. Ini dia beberapa ciri dan bagaimana cara mengetahui minyak goreng premium atau berkualitas baik.

1. Tekstur mirip dengan air

Tekstur minyak goreng yang sehat dan layak konsumsi adalah menyerupai atau mirip dengan air, artinya teksturnya tidak terlihat pekat. Tekstur yang mirip dengan air ini membuat minyak goreng tidak terserap berlebihan ke masakan, sehingga sangat aman untuk tenggorokan.

2.  Tidak mudah beku

Ciri lain dari minyak goreng premium atau berkualitas baik adalah tidak mudah beku. Hal ini juga menunjukan bahwa minyak goreng tersebut hanya memiliki sedikit lemak jenuh yang dapat membantu menurunkan risiko gangguan jantung akibat dari penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Tidak beraroma, rasa, dan warna

Minyak goreng yang memiliki kualitas baik pada umumnya tidak memiliki aroma, tidak berasa, dan juga memiliki warna yang jernih. Namun warna jernih tidak bisa menjadi indikator bahwa minyak goreng tersebut berkualitas sehingga untuk lebih amannya tetap harus dilakukan uji coba misalnya dengan menggunakan alat Total Polar Compound (TPC).

4. Memiliki hasil uji TPC rendah

Total Polar Compound atau TPC adalah indikator kualitas yang digunakan untuk mengukur tingkat degradasi minyak goreng. Semakin tinggi nilai TPC, artinya semakin besar kerusakan minyak goreng karena semakin banyak senyawa polar yang terdapat dalam minyak goreng tersebut. Senyawa polar ini akan mempengaruhi rasa, bau, dan juga keamanan minyak goreng tersebut.

Dan salah satu cara untuk mengetahui minyak goreng premium atau tidak adalah dengan melakukan uji coba dengan menggunakan alat TPC. Di beberapa negara Eropa seperti Belgia, Italia, Prancis, Portugal, dan Spanyol telah menetapkan bahwa batas limit nilai maksimal dari TPC adalah 25%. Jika lebih dari 25% maka tidak aman untuk dikonsumsi.

Meningkatnya TPC dalam minyak goreng biasanya akan meningkat ketika minyak goreng sudah dilakukan berulang kali. Buat para ibu dan bapak yang suka memasak di rumah dan sering menggunakan minyak goreng berulang kali, wajib banget memperhatikan ini. 

Jika memang cukup sering menggunakan minyak goreng berulang kali, wajib mencari minyak goreng berkualitas baik yang jika dipakai beberapa kali atau berulang kali, nilai TPC-nya tetap rendah. Dan rekomendasi untuk minyak goreng berkualitas baik yang aman digunakan berkali-kali adalah minyak goreng FILMA.

Press Conference FILMA Cooking Oil

Kamis, 10 Oktober 2024, saya berkesempatan mendapatkan undangan menghadiri acara Press Conference FILMA Cooking Oil di Veranda Hotel, Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri berbagai media, Blogger, dan juga KOL. Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini sangat penuh manfaat yaitu menambah wawasan kita bagaimana cara memilih minyak goreng yang berkualitas baik untuk konsumsi harian kita.

Rangkaian acara ini berupa talkshow, demo memasak, dan juga sharing dari public figure. Semuanya membahas bagaimana mengetahui ciri-ciri minyak goreng berkualitas baik yang aman dikonsumsi untuk keluarga.

Hadir jajaran manajemen FILMA, Anastasia Sheila yaitu Senior Brand Manager FILMA yang memberikan penjelasan secara detail mengenai bagaimana cara memilih dan mengetahui kualitas minyak goreng. Salah satunya adalah dengan melakukan tes TPC. 

Anastasia juga turut serta melakukan demo test TPC terhadap minyak goreng FILMA yang sudah digunakan berkali-kali, untuk membuktikan bahwa minyak goreng FILMA aman digunakan berulang kali untuk memasak.

hasil test tpc minyak goreng filma


Pada acara press conference ini juga mengundang public figure yaitu Nagita Slavina, yang bercerita soal masakan. Dimana Nagita lebih suka memasak di rumah dari pada membeli makanan di luar, terutama untuk anak-anaknya. Memasak di rumah dapat memasak makanan apapun sehingga jika anak-anak sedang GTM atau tidak mau makan, anak-anak tetap bisa makan dengan memasak makanan kesukaannya.

Acara ini juga mengundang chef Devina Hermawan yang melakukan demo masak dengan menggunakan minyak goreng FILMA untuk menggoreng menu-menu andalannya seperti Butterfly Ebi Furai, Crispy Banana Nugget, dan Menchi Katsu.

minyak goreng premium FILMA


Chef Devina juga berbagi tips memasak, yaitu wajib menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk semua masakannya. Termasuk minyak goreng yang digunakannya harus aman, seperti berwarna jernih, tidak berbau, dan tidak berasa. 

Hal ini penting agar cita rasa masakan tetap terjaga, tidak cepat tengik, dan tidak membuat gatal di tenggorokan. Dan chef Devina menemukan minyak goreng FILMA aman digunakan karena jernih, tidak berasa, dan tidak berbau. Sehingga sangat cocok untuk tumisan atau pun menggoreng.

FILMA, Minyak Goreng Berkualitas Premium, Rendah TPC Meski Dipakai Berulang Kali

Dari acara press conference FILMA cooking oil ini, dapat disimpulkan bahwa pemilihan minyak goreng berkualitas baik untuk membuat masakan sangatlah penting. Karena akan berdampak pada kesehatan dan juga kualitas atau cita rasa masakan. Dan FILMA menjawab kebutuhan pelanggannya dengan memproduksi minyak goreng berkualitas baik. Maka dari itu minyak goreng FILMA sangat aman untuk digunakan, karena:

1. Jernih, tidak berasa dan tidak beraroma

Minyak goreng FILMA memiliki warna yang jernih, tidak berasa, dan tidak beraroma, sehingga masuk sebagai minyak goreng berkualitas yang akan menjaga kualitas masakan. Sementara minyak goreng yang memiliki kualitas rendah atau sudah rusak akan menyebabkan aroma atau bau tengik pada masakan, dan dapat menimbulkan rasa gatal di tenggorokan.

2. Berkualitas premium

FILMA adalah produk minyak goreng berkualitas premium yang terbuat dari kelapa sawit segar pilihan yang prosesnya dilakukan kurang dari 24 jam. Singkatnya proses ini bertujuan untuk untuk menjaga kualitas kemurnian dan nutrisinya, sehingga sangat aman digunakan dan tidak menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.

3. Dibuat sesuai dengan standar nutrisi dan keamanan pangan

FILMA dalam proses pembuatannya, dibuat dengan mengikuti standar nutrisi dan keamanan pangan untuk menjamin kelezatan dan kualitas produk yang akan digunakan oleh konsumen.

4. Cocok untuk semua masakan

FILMA dengan kadar yang jernih, tidak berasa, tidak berbau membuatnya cocok digunakan untuk semua kegiatan memasak, menumis, atau pun menggoreng. Anda dapat memasak apapun dengan menggunakan minyak berkualitas baik ini. Dan pastinya cita rasa masakan tetap terjaga.

5. Memiliki tekstur yang pas

Minyak goreng FILMA memiliki tekstur yang pas, tidak encer dan tidak kental sehingga membuatnya stabil di suhu panas. Kualitas baiknya ini membuat hasil olahan masakan menjadi lebih renyah dan membuat masakan matang merata.

Selain itu dengan kualitas baik yang tahan di suhu panas, membuat minyak goreng ini tidak mudah rusak sehingga membuat minyak goreng ini dapat digunakan berulang kali.

Kualitas baiknya yang dapat digunakan berulang kali ini, sudah dilakukan uji coba dengan menggunakan TPC. Termasuk pada acara press conference ini juga dilakukan demo uji TPC terhadap minyak goreng FILMA ini.

Hasilnya setelah digunakan tiga kali menggoreng, kadarnya masih di bawah 25%, bahkan masih tetap di bawah 15%. Hal ini membuktikan bahwa minyak goreng FILMA sangat aman digunakan berulang kali untuk memasak.

Pengalaman Memasak dengan Minyak Goreng FILMA

Saya dan ibu, tim yang suka memasak masakan yang simple, biasanya kalau ga tumis-tumisan yang goreng-gorengan. Misalnya ayam goreng, tumis sayuran, nasi goreng, atau goreng udang dengan bumbu yang sederhana.

Termasuk pagi ini, saya dan ibu menyiapkan masakan yang mudah saja yaitu nasi goreng seafood.  Biasanya saya akan tetap campur dengan sayuran kukus. Kenapa sayurnya tidak diiris saja ikut digoreng, jawabannya saya kurang suka. Ditambah dengan udang dan cumi goreng tepung yang masih tersisa di kulkas.

filma minyak goreng premium


Ibu juga tim yang sering menggunakan minyak goreng berkali-kali katanya jangan buang-buang minyak. Jadi dengan adanya minyak goreng premium ini, membuat ibu bisa memasak gorengan dengan menggunakan minyak goreng FILMA berkali-kali.

Jadi untuk anda yang sering memasak dan menggunakan minyak goreng berulang kali untuk memasak makanan lainnya, wajib banget untuk mengunakan minyak goreng FILMA yang sudah terbukti dan teruji kualitasnya dengan menggunakan TPC, yang aman digunakan berulang kali. Cocok untuk semua jenis masakan, dan memiliki warna jernih, tidak beraroma, dan juga tidak beras.

Itu dia beberapa keuggulan dari minyak goreng FILMA, tunggu apalagi yuk beralih ke minyak goreng FILMA, untuk mendapatkan masakan yang berkualitas dan hidup lebih berkualitas.

Referensi:

https://pubs.sciepub.com/aees/9/1/3/index.html
https://www.jfda-online.com/cgi/viewcontent.cgi?article=1959&context=journal
https://www.halodoc.com/artikel/5-ciri-minyak-goreng-sehat-yang-layak-konsumsi

1 Comment

  1. Saya juga sebagai seseorang yang konsumsi minyak ini untuk makan tiap hari. Apalagi untuk anak kost kaya saya, filma bisa digunakan berulang-ulang, dan tetap jernih da ga beraroma :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.